Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari

ALFA ARTS - Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari, Blogger adalah salah satu media sosial yang cukup populer. Semakin hari semakin banyak pengguna blogger bermunculan, namun mereka membuat blogger hanya sekedar iseng saja, itu tentu saja membuat kualitas blognya menjadi kurang, nah untuk itu bagi sobat semua yang memang berniat membuat blog lebih dari sekedar hobi saya akan memberikan tips cara membuat blog sobat menjadi baik dan bagus dimata mesin pencari, atau sering kita sebut SEO (Search Engine Optimization).

SEO sendiri tidak hanya terletak pada kualitas artikel saja, namun juga terletak pada kualias dan kecepatan blog, maksud dari kecepatan blog adalah kecepatan ketika seseorang membuka blog kita. Semakin cepat maka semakin baik pula.

Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara yang akan membuat blog sobat semua menjadi bagus dimata mesin pencari, untuk itu silahkan disimak dan dipraktekan.

Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari

Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah blog, salah satunya adalah tampilan blog yang bagus, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara singkat dan jelas. dan berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan :

Responsive

Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam tampilan website adalah, Responsive Web Design (RWD) maksud dari Responsive sendiri adalah jikalau website atau blog dibuka disemua ukuran layar maka tampilan akan tetap rapi dan mudah dibaca, contohnya jika kalian membuka website ini ditampilan mobile dan desktop maka akan berbeda bentuknya, dan sama sama mudah dibaca.

Nah untuk membuat website atau blog sobat menjadi responsive sobat bisa menggunakan banyak template yang sudah terseida di google, atau jika sudah mempunyai template sendiri namun belum responsive sobat bisa menggunakan cara berikut ini :

Tambahkan script dibawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin> atau </style>
@media screen and (max-width:1024px){ 
script css
}
@media screen and (max-width:940px){
script css
}
@media screen and (max-width:820px){
script css
}
@media screen and (max-width:370px){
script css
}

Nah untuk script css bisa sobat isi menggunakan kode css berupa ukuran layar pada setiap bagian yang di inginkan contoh :
#outer-wrapper {width:900px;}
#main-wrapper, #sidebar-wrapper {width:510px;margin:0 10px 0 0;float:left;}
@media screen and (max-width:330px){
#outer-wrapper {width:95%;}
#main-wrapper, #sidebar-wrapper {width:100%;margin:0 auto;float:none;}
}

dan untuk ukuran scriptnya bisa sobat ganti sesuai template sobat masing masing.

Perhatikan Ukuran dan Jenis Font

Nah untuk yang satu ini demi kenyamanan dari pembaca, sobat perlu mempertimbangkan kenyamanan pembaca agar pembaca lebih nyaman berkunjung ke blog kita, nah salah satunya adalah ukura font dan jenis font. Kebanyakan webiste yang saya temui memiliki ukuran font yang sangat kecil dan menggunakan jenis font yang terlalu alay, sehingga membuat pembaca menjadi kesulitan.

dan untuk cara mengganti jenis dan ukuran font di blog sangatlah sederhana, sobat hanya perlu masuk ke Blogger > Pilih Tema > dan Pilih Sesuaikan. dan cari tab Bernama Sesuaikan lebar > dan pilih Teks Laman, atau perhatikan gambar dibawah ini
Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari
Nah pada bagian font sobat bisa mengganti jenis font, ukuran font serta warna font. Nah untuk jenis font gunakan font yang mudah dibaca cntohnya "Arial", untuk ukuranya sendiri usahakan minimal 14px, dan untuk warna bisa abu abu gelap atau hitam pekat (sesuaikan dengan blog sobat).


Perhatikan Kecepatan Blog

Masih demi kenyamanan pembaca lagi, yaitu kecepatan blog, bagi sobat yang hendak mengganti template nya usahakan cari yang ringan dan cepat, nah bagi yang sudah terlanjut memilih yang lambat dan berat, bisa mengurangi widget dan atribut yang tidak penting, contohnya animasi animasi yang pastinya akan membuat blog sobat menjadi lebih berat.

Sekedar tips jika sobat ingin memasang widget, usahakan memasang widget yang penting saja, cohtoh widget yang penting adalah : Popular Post, Label, Arsip blog, Share Button, dan jika ingin memasang widget lain seperti jumlah pengunjung carilah script yang ringan.

Penempatan Iklan

Salah satu hal yang membuat pembaca resah adalah iklan yang menghalangi artikel, sehingga pembaca kesulitan memahami artikel sobat, untuk itu pasanglah iklan ditempat tempat yang tepat agar tidak menghalangi artikel. dan yang paling dibenci adalah iklan berupa popup yang sangat mengganggu. Nah lalu bagaimana penempatan iklan yang baik menurut Alfa Arts? nah beriku adalah contoh penempatan iklan yang baik
Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari
Nah untuk jumlah iklan yang boleh dipasang disebuah halaman website menurut google sendiri adalah sebagau berikut :
  • 3 Jenis iklan konten, dan perlu diingat untuk iklan ukuran 300x600 maksimal 1 saja.
  • 2 Jenis iklan tautan, boleh dikombinasikan dengan jenis iklan konten.
  • 2 Jenis iklan kotak pencarian.
Nah itu adalah jumlah maksimum iklan yang terdapat pada satu halaman website, dan ingat untuk penempatan google juga mempunyai ketentuan, dan yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh menghalangi konten atau artikel.

Pemasangan Like Box

Cara Membuat Blog yang Bagus Menurut Mesin Pencari
Jika sobat ingin memasang like box facbook sobat perlu memperhatikan hal hal berikut agar tidak merugikan blog sobat :
  • Jangan menghilangkan tombol close.
  • Jangan memasang dengan waktu tunggu lebih dari 10 detik,
jika sobat melanggar 2 hal diatas pastinya akan merugikan pembaca blog sobat yang terpaksa menunggu lama atau menlike halaman sobat, dan pastinya banyak yang akan pergi dari blog sobat dan lagi lagi sobat dirugikan karena hal yang sepele.

Warna dan Gambar Latar / Background

Kebanyakan website kini menggunakan background berupa gambar yang tentunya memerlukan waktu muat yang lebih lama, jadi lebih baik menggunakan background berupa warna karena lebih ringan dan lebih cepat untuk dimuat.

Namun untuk warna sendiri pilihlah yang cocok untuk blog sobat, jangan pilih warna yang norak atau alay, dan jangan juga menggunakan banyak warna di blog sobat, karena bisa membuat mata pembaca menjadi sakit, karena kombinasi yang tidak cocok.

Nah itulah beberapa tips tentang cara membuat blog yang bagus serta disukai oleh pembaca dan mesin pencari, atau lebih dikenal dengan teknik SEO, walau sebenarnya teknik SEO masih banyak yang belum dibahas di artikel diatas seperti teknik penggunaan tag pada blog dan masih banyak lagi, untuk itu kita akan bahas di artikel yang selanjutnya, terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.

NB jika ada link not found, beritahu admin dengan berkomentar

Subscribe dulu yak biar greget..: