Cara Merubah Warna Background dan Tulisan CMD

ALFA ARTS - Cara Merubah Warna Background dan Tulisan CMD Bagi sobat semua yang sering menggunakan Command Prompt arau cmd mungkin merasa bosan dengan tampilan cmd yang begitu begitu saja, Nah sebenarnya cmd pada windows bisa kita modifikasi atau kita rubah rubah sesuai keinginan kita, kita dapat merubah jenis font, warna font dan backround ataupun membuatnya mirip seperti Command Prompt di film film haker.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas tutorial cara merubah warna tulisan dan background pada cmd, tutorial ini berlaku untuk semua jenis Windows, baik Windows 7, Windows 8 dan juga Windows 10. dan lebih kerenya lagi kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan apapun, cukup menggunakan cmd saja.

Trik merubah warna cmd ini ada dua jenis yaitu, secara permanen ataupun tidak permanen, permanen sendiri artinya warna yang kita rubah tidak akan hilang walau cmd kita tutup atau komputer kita matikan sekalipun, jadi untuk yang tidak permanen adalah kebalikanya.

Merubah Warna CMD Tidak Permanen

Trik merubah warna cmd tidak permanen sangatlah mudah, kita tidak perlu merubah rubah Regedit windows, jadi bisa dipastikan aman dari kerusakan software pada windows sobat, dan berikut adalah tutorialnya.
  1. Buka CMD sobat dengan cara klik Windows -> lalu ketikan CMD.
  2. Setelah CMD terbuka ketikan perintah "color <kode warna background, kode warna teks>", *tanpa tanda kutip*, untuk kode warnanya bisa dilihat dengan mengetikan perintah "color g" atau seperti list dibawah ini :
    0 = Hitam
    1 = Biru
    2 = Hijau
    3 = Aqua
    4 = Merah
    5 = Ungu
    6 = Kuning
    7 = Putih
    8 = Abu-abu
    9 = Biru Terang
    A = Hijau Terang
    B = Aqua Terang
    C = Merah Terang
    D = Ungu Terang
    E = Kuning Terang
    F = Putih Cerah
  3. Untuk contoh nya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
    Cara Merubah Warna Background dan Tulisan CMD
  4. Untuk mengembalikanya kesemula, ketikan perintah "color" atau cukup keluarkan cmd dan buka lagi, maka cmd akan kembali sperti biasanya.

Merubah Warna CMD Permanen

Berbeda dengan cara merubah cmd tidak permanen, untuk merubah warna cmd permanen kita diharuskan mengedit file regedit, jadi pastikan mengikuti tutorial dengan baik dan benar.
  1. Buka regedit dengan cara, tekan Windows+R lalu ketikan "regedit".
  2. Setelah muncul registry editor, cari "HKEY_CURRENT_USER".
  3. Cari lagi "Software -> Microsft -> Command Processor"
  4. Maka akan terdapat reg bernama "DefaultColor", klik kanan dan pilih modify.
  5. Isikan value dengan kode warna di atas, contoh "2a"
    Cara Merubah Warna Background dan Tulisan CMD
  6. Klik oke dan buka CMD maka tampilan cmd sudah berubah.
  7. Jika ingin mengenbalikan tinggal ganti value menjadi 0.
Nah itulah tutorial cara mengganti warna cmd, ini pastinya akan membuat cmd sobat menjadi lebih keren dibandin biasnaya. sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua, terimakasih sudah berkunjung.

NB jika ada link not found, beritahu admin dengan berkomentar

Subscribe dulu yak biar greget..: